10 Dampak Negatif Cyber Bullying

10 Dampak Negatif Cyber Bullying


Cyber bullying bukan merupakan hal yang sering terdengar beberapa tahun yang lalu. Teknologi mobile memungkinkan manusia berkomunikasi kapan pun dan di mana pun. Teknologi mobile memungkinkan untuk mengirimkan foto dan video kepada teman atau keluarga dengan sangat mudah (cukup mengklik sebuah tombol). Revolusi ini mengubah hidup manusia secara luar biasa. Hal yang paling terasa pada anak-anak dan remaja yang memiliki telepon seluler dan komputer pribadi adalah tersedianya akses informasi yang tidak terbatas dan memungkinan mereka untuk bertukar informasi lintas dunia.

Dampak Umum Cyber Bullying




Tidak ada orang yang mengalami cyber bullying akan lolos tanpa mengalami bekas – bekas bullying tersebut pada dirinya, baik secara emosional maupun secara psikologis,entah itu merupakan dampak yang besar ataupun kecil.Berikut ini ada beberapa dampak cyber bullying yang bisa terjadi :

1. Dipermalukan



Tujuan para pembully memang untuk membuat korbannya jatuh secara mental demi kesenangan diri mereka sendiri. Korban bullying akan merasa dipermalukan dalam waktu yang lama, bahkan mungkin seumur hidup, karena di dunia cyber semua materi yang dimasukkan dan berkaitan dengan bullying tersebut akan selalu ada dan mengusik sang korban. Untuk medekati korban bullying. Cobalah cara mendekati orang introvert dengan berbagai trik psikologis, dan mengetahui berbagai tahap perkembangan afektif anak usia dini.

2. Stres dan Depresi



Mengalami penghinaan dan tekanan terus menerus akan meningkatkan frekuensi perasaan sedih dan melakolis yang akan mengarah kepada terbentuknya stres dan depresi pada korban cyber bullying. Perasaan bahagia akan sulit dirasakan karena terkikis oleh berbagai kejadian buruk yang dialami. Jika perlu, korban bullying dapat melakukan terapi psikologi untuk depresi agar dapat mengatasinya.

3. Kehilangan Rasa Percaya Diri

Keyakinan terhadap diri sendiri perlahan akan menghilang ketika mengalami bullying. Image positif terhadap diri sendiri juga bisa terkikis dan membuat korban bullying memandang negatif dirinya sendiri. Merasa diri tidak berharga dan tidak pantas ditolong, dan berbagai pandangan serta perasaan negatif lainnya.

4. Paranoid

Cemas dan selalu merasa tidak aman adalah dampak lain dari cyber bullying. Para pelaku bully dapat kapan saja memasuki ruang pribadi korbannya melalui akses dari telepon genggam ataupun internet yang ada di komputer, sehingga korban bullying tidak pernah merasa benar  benar dapt beristirahat dari teror tersebut. Paranoid merupakan salah satu dari macam – macam gangguan jiwa yang bisa terjadi pada manusia.

5. Menjadi Pelakunya


Seorang korban bisa saja menjadi pelaku untuk mempertahankan diri ataupun hanya sekedar meniru. Ia pasti tahu apa yang dapat dijadikan sasaran oleh para pelaku cyber bullying dan beralih meniru para pelakunya. Bisa saja dengan alasan agar dirinya dianggap kuat dan terhindar dari penindasan lebih lanjut, ataupun kehilangan nilai – nilai moralnya sendiri.

7. Prestasi yang Menurun



Hilangnya minat dan konsentrasi terhadap pelajaran sekolah juga dapat menjadi salah satu dampak dari cyber bullying.Hal itu disebabkan karena sang korban terlalu fokus kepada bagaimana cara untuk mengakhiri rundungan yang ditujukan kepadanya, ataupun juga telah lelah dan kehilangan semangat untuk menjalani aktivitasnya sehari – hari.

8.Berhubungan dengan kesehatan dan sosialisasi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan aspersky Lab dan iconKids & Youth,akibat pelecehan online yang diterima korban di mana mayoritas anak-anak ini merupakan masalah serius.

9.Menyebabkan mimpi buruk

Tidak hanya itu, 25% dari orang tua menyatakan bahwa cyberbullying telah mengganggu pola tidur anak-anak mereka, bahkan menyebabkan mimpi buruk (21%). 


10.Ditindas (bullying)

Pada saat yang sama, 16% dari anak-anak yang disurvei lebih takut ditindas online daripada offline, sementara setengah (50%) anak-anak yang di survei merasa takut ditindas (bullying), baik itu di kehidupan nyata maupun virtual.

Kami rangkum artikel ini dari sumber terpercaya yaitu di situs website berita ter akurat dan aman

https://www.jawapos.com/teknologi/21/08/2016/ini-dampak-negatif-cyberbullying-bagi-anak-anak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Dampak Negatif Cyber Bullying"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel