6 manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh

6 manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh

6. manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh

Hari ini saya akan membahas tentang 6 manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh yang harus anda ketahui,Manfaatnya yang didapatnya juga banyak tentunya pahala ibadah yang diberikan Allah Yang Maha Esa. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan.

Kami dari team media berita online mengucupkan

Manusia tak pernah Luput dari salah dan hilap
karena manusai bukan mahkluk yang sempurna
di bulan yang suci ini mari kita bermaafan
agar tak ada dendam dan rasa dengki
Marhaban ya Ramadhan

1. Membantu Menahan Makan

Ketika berpuasa kamu memiliki kesempatan untuk beristirahat sejenak dari kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang baik. Sehingga hal ini mampu membantu untuk mengurangi mengemil terhadap suatu jenis makanan tertentu seperti makanan manis dan kopi. Setiap hari biasanya kamu mengonsumsi kopi di pagi hari dan memakan kue di sore harinya. Hal ini membuat kamu tidak bisa mengonsumsinya ketika berpuasa.



Oleh karena itu, manfaat puasa dapat membuat kamu belajar untuk menghentikan makanan atau minuman yang biasanya selalu kamu konsumsi yang memiliki efek buruk terhadap tubuh.

2. Mengurangi peradangan

Manfaat puasa terhadap kesehatan selanjutnya adalah kemampuannya mengurangi peradangan. Peradangan banyak penyebabnya, tetapi pola makan yang tidak sehat adalah sumber radikal bebas yang konsisten dan makanan yang menyebabkan peradangan. Gula rafinasi (gula yang dimurnikan), karbohidrat olahan, alkohol, susu, daging, dan makanan yang digoreng.



Melewatkan sarapan saja dapat mencegah peradangan, Cara lain agar puasa mengurangi peradangan adalah melalui keseimbangan hormon yang lebih baik. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kadar insulin yang lebih rendah dan sensitivitas insulin yang lebih baik dapat mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Meningkatkan fungsi organ tubuh



Manfaat berpuasa untuk kesehatan ini akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.

4. Menyehatkan otak kita

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa fokus pada mental saat Ramadhan dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau BDNF. BDNF dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak yang bisa meningkatkan fungsinya.



Produksi sel-sel otak baru juga terbukti dapat mengurangi depresi, kecemasan dan juga risiko terkena demensia (pikun). Dengan menahan emosi saat berpuasa, penurunan jumlah hormon stres kortisol juga akan terlihat cukup signifikan.

5. Membakar lemak



Puasa membantu Anda untuk tetap langsing karena kelebihan lemak di dalam tubuh akan segera rusak yang diakibatkan adanya HGH (hormon pertumbuhan manusia). HGH juga merupakan hormon pembakar lemak. Lemak di tubuh Anda tidak dapat dibakar tanpa puasa. Sebab, saat membakar lemak tubuh Anda terlebih dahulu memecah cadangan glukosa dan kemudian baru lemak.

6. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Tubuh juga membutuhkan detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Dengan penyaringan alami saja tidak cukup, harus ada upaya lain untuk membuang racun secara bersih untuk membunuh bibit-bibit penyakit. Racun-racun tersebut sebagian tersimpan dalam lemak. Pada saat puasa, pembakaran lemak akan lebih banyak dari biasanya. Hal ini yang membuat dengan berpuasa dapat membersihkan racun dalam tubuh.



Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya dan artikel saya rangkum dari situs berita terpercaya, akurat dan aman

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel